Membuat Kalimat Bahasa Jerman dengan Modalverben

Membuat Kalimat Bahasa Jerman dengan Modalverben

Membuat Kalimat Bahasa Jerman dengan Modalverben

Sebelum memulai melanjutkan membaca, ada baiknya ada baca dulu tulisan saya mengenai Membuat Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Saya bahas mengenai aturan dasar dalam membuat kalimat Bahasa Jerman.

Berikutnya adalah Bagaimana Membuat Kalimat Bahasa Jerman dengan Modalverben, apa aturan yang harus diketahui dan apa saja yang perlu diperhatikan. Yuk sama-sama kita bahas pada penjelasan di bawah :

Modalverben : Kata Kerja Bantu, misalnya muessen, koennen, duerfen, sollen, wollen, moechten

Sebagai sebuah Kata Kerja Bantu maka penggunaan Modalverben ini tidaklah wajib dan berfungsi hanya membantu kata kerja utama, misalnya untuk Modalverben “koennen” yang artinya dapat / bisa, maka kita dapat membuat sebuah kalimat ” Ich schreibe einen Satz (Saya menulis sebuah kalimat”. Kalimat ini jika dilihat secara Grammatik BENAR dan tidak ada kesalahan apapun, tetapi bisa juga kalimat ini kita gabungkan dengan sebuah Modalverben “koennen” menjadi “Ich kann einen Satz schreiben”.

Tidak ada perbedaan dan kesalahan pada kedua kalimat tersebut. Hanya penambahan kata “bisa / koennen”, tentunya menyatakan sebuah kemampuan seseorang untuk “menulis sebuah kalimat”. Jika kata “koennen” dihilangkan tidak merubah arti yang ada terlalu jauh pula dan tetap masih bisa diterima dan dimengerti.

Pada pembahasan kali ini saya tidak akan membahas mengenai Konjugasi Modalverben,tetapi saya akan membahas mengenai bagaimana pembentukan sebuah Kalimat Bahasa Jerman dengan menggunakan Modalverben

Bentuknya adalah sebagai berikut :

Subjek → Modalverben → (Objek → Angabe →) Infinitiv

Penjelasan :

  • Subjek bisa terdiri dari apa saja dan bisa berupa Personal Pronomen  atau Nomen (Kata Benda) dalam Bahasa Jerman
  • Modalverben yang dikonjugasikan
  • Objek & Angabe sengaja saya beri buka dan tutup kurung, karena memang bukanlah sebuah syarat wajib sebuah Kalimat Bahasa Jerman
  • Infinitv (kata kerja awal) adalah sebagai pentup sebuah kalimat dengan menggunakan Modalverben. Perlu diketahui Infinitiv disini tidak di konjugasikan, tetapi Modalverben yang dikonjugasikan

Agar lebih memahami yuk sama- sama kita buat dalam contoh kalimat

  1. Anita muss fuer die Pruefung noch viel lernen = Anita masih harus banyak belajar untuk Ujian  (Infinitiv lernen tidak berubah, hanya Modalverbennya yang berubah mengalami konjugasi)
  2. Ich kann nicht Deutsch sprechen =Saya tidak bisa berbicara bahasa jerman (Perhatikan lagi bahwa kata sprechennya tidak berubah, hanya Modalverben yang berubah dan mengikuti konjugasinya)
  3. Hier darf man nicht rauchen = Disini tidak boleh merokok (Pada kalimat disini juga sama. Ingat konjugasi / perubahan kata kerjanya hanya terjadi di Modalverben, sedangkan pada Infinitiv tetap / tidak berubah)

Sampai disini ada pertanyaan ? Jika tidak ada pertanyaan silahkan buat 6 Kalimat Sederhana dalam Bahasa Jerman dengan menggunakan ke-6 Modalverben yang ada, yakni :

  1. (muessen) : _______________________________
  2. (koennen) : _______________________________
  3. (duerfen) : _______________________________
  4. (wollen) : _______________________________
  5. (sollen) : _______________________________
  6. (moechten) : _______________________________

Silahkan kerjakan dan tinggalkan komentar di bawah ya untuk kemudian akan saya koreksi. Yuk sama-sama kita belajar disini. Insya Allah berguna buat yang lain juga kok 🙂

Ich warte auf deine Antwort 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *